IKLAN MALAYANG DISINI Resep Membuat Bika Ambon Enak | Suka Makan
Iklan 300x250

Resep Membuat Bika Ambon Enak

Iklan 250x50 Disini
KODE IKLAN 336x280 DIATAS GAMBAR DIBAWAH JUDUL
Resep Membuat Bika Ambon Enak
Resep Membuat Bika Ambon Enak
Resep Masakan - Resep Membuat Bika Ambon Enak

Bahan Membuat Bika Ambon :

Adonan biang:
1 sdm ragi instan
1 sdm tepung terigu serbaguna
60 ml air hangat
1 sdm gula pasir

Adonan dasar:
2 buah kelapa, parut
20 lembar daun jeruk
150 g tepung kanji
10 kuning telur ayam
6 lembar daun pandan, simpulkan
2 batang serai, bagian putihnya diambil dan memarkan
½ sdt garam
250 g gula pasir

Cara Membuat Bika Ambon :

Langkah pertama, Membuat adonan biang: Larutkan ragi instan dalam air, kemudian masukkan tepung terigu dan gula. Setelah itu aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.Lalu setelah itu sisihkan adonan biang tersebut.
Langkah kedua, Membuat adonan dasar: Peras kelapa, kemudian ambil santannya sebanyak 400 ml. Setelah itu masak bersama daun pandan, daun jeruk, garam dan serai di atas api takaran sedang sampai terlihat kental menjadi areh (300 ml), lalu angkat, saring dan sisihkan.
Langkah ketiga, Kocok kuning telur bersama gula pasir hingga terlihat kental dan berbuih. Kemudian masukkan tepung kanji, santan yang telah dimasak sebelumnya, serta adonan biang. Setelah itu aduk rata menggunakan tangan sambil anda tepuk-tepuk. Lalu diamkan selama kurang lebih 2 – 3 jam hingga terlihat mengembang.
Langkah keempat, Panaskan oven hingga suhu 200 derajat celcius dan pasang pada posisi api bawah. Kemudian alasi loyang ukuran 7 x 18 x 18 cm dengan menggunakan kertas roti, lalu olesi loyang dengan margarin.
Selanjutnya, masukkan loyang dalam oven sampai benar-benar panas, kemudian tuang adonan ke dalam loyang panas tersebut. Setelah itu panggang selama kurang lebih 40 menit dengan pintu oven yang dibiarkan sedikit terbuka hingga permukaan adonan terlihat berlubang-lubang.
Terakhir, Teruskanlah memanggang dengan api atas ( sekitar 5-10 menit)sampai permukaan kue berwarna agak kuning kecokelatan. Setelah keluarkan kue dari oven, dinginkan sejenak, lalu potong – potong, kemudian sajikan.
IKLAN DIAKHIR ARTIKEL
close